Adsense Indonesia

recent post

google rank

Followers

 

CARA MENJADI ADMIN WINDOWS YANG BAIK

Cara menjadi admin windows yang baik harus mengetahui terlebih dulu kesalahan yang sering di lakukan karena tidak ada yang sempurna di dunia ini, kecuali Tuhan sendiri. Walaupun admin tersebut sudah memiliki banyak sertifikat tentang komputer. Pasti akan pernah membuat kesalahan bahkan yang sangat sepele. Berikut ini adalah kesalahan yang sering di temukan pada admin yang baru yaitu:
• Tidak memberi label
Kita harus member label setiap workstation sehingga ketika ada salah satu user yang pindah dari suatu workstation ke workstation lain tanpa member tahu admin terlebih dahulu. Kita dapat dengan mudah mengetaui atau dengan mudah melacak masalah bila terdokumentasi dengan jelas dan benar.
• Mengubah semuanya sekaligus
Biasanya admin baru akan menghapus dan mengganti semua konfigurasi yang telah di buat oleh admin yang lama. Tapi, seharusnya kita harus perlahan belajar beradaptasi agarpekerjaan kita menjadi lebih mudah dan mendapat banyak teman.
• Menganggap user sudah tahu
Banyak administrator baru menganggap bahwa semua user sudah mengetahui teknologi sama seperti mereka. Sehingga membuat mereka akan menghindari anda untuk bertanya bila mendapat masalah bahkan memperbaikinya sendiri tanpa tahu caranya. Sehinga tentunya bisa membuat anda frustasi.
• Meremehkan pengetahuan user
Kita tidak boleh meremehkan pengetahuan user, walaupun di point sebelumnya berlaku tapi tidak semua. Karena ada beberapa user tidak ingin di kontrol dalam menggunakan komputer. Sehinnga mereka akan mencari cara untuk mengelak dari peraturan yang telah anda buat. Oleh karena itu, kita harus menghargai kemampuan mereka dengan meminta pendapat mereka dan memberi alasan mengapa kita memberlakukan peraturan tersebut.
• Tidak melakukan auditing
Fitur auditing dapat membantu anda memantau siapa yang login, mengakses file dan objek lain. Tanpa auditing hampir mustahil anda bisa mengetahui dan menganalisis apa yang terjadi ketika ada pembobolan keamanan.
• Tidak melakukan update
Menjaga server dan client tetap up to date bisa mencegah down time dan hilangnya data. Tapi kurangnya staf dan bertambahnya beban kerja bagina TI dapat menyebabkan mereka lupa menginstalasinya. Patch harus di tes secara hati-hati karena dapat menyebakan downtime. Gunakan aplikasi Windows Server Update Services untuk mempermudah dan mengoptimasi proses.
• Ceroboh soal sekuriti
Banyak administrator memberlakukan security yang tinggi ke user mereka tapi mereka lengah di workstation mereka sendiri. Karena disebabkan mereka merasa lebih tahu sehngga dapat mendatangkan musibah.
• Tidak mendokumentasikan perubahan dan perbaikan
Dokumentasi merupakan salah satu hal yang paling penting yang harus kita lakukan sebagai administrator jaringan, supaya pekerjaan kita lebih mudah dan orang lain juga bisamenjaga jaringan ketika kita absen. Jika kita mendokumentasikan tindakan yang kita lakukan kita tidak perlu membuang waktu untuk mengingat semuanya lagi.
• Tidak mengetes back up
Back up sangat perlu di lakukan agar kita tidak kehilangan data ketika komputer kita sedang bermasalah. Tapi kita tidak boleh lupa untuk mengetesnya kembali untuk mengetahui bahwa data yang kita back up sudah benar atau dapat di pergunakan dengan baik.
• Malu untuk meminta bantuan
Banyak admin mementingkan egonya sendiri, dan merasa dia lebih pintar dari admin lain sehingga malu untuk bertanya. Tapi sebenarnya bahwa kemampuan dan pengetahuan seseorang itu pasti beda dan semua orang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan dengan bertanya kita akan mendapat pengetahuan yang lebih banyak dari sebelumnya.
SUMBER: PCMEDIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar